membuat Surat Izin Mengemudi No More a Mystery

Wiki Article



Berikut ini adalah beberapa syarat tambahan yang harus dimiliki oleh pemohon pembuatan SIM jenis umum.

Sehat jasmani dan rohani, ini dibuktikan lewat surat keterangan sehat dari dokter bisa juga dibuat di klinik kepolisian atau di pusat pelayanan kesehatan lainnya.

Anda harus membuat surat keterangan sehat dan harus bolak balik membuatnya dan memerlukan waktu yang tidak sebentar. Belum lagi ada check praktik berkendara yang belum tentu berhasil.

Setelah syarat administratif dipenuhi, para pemohon diwajibkan melakukan tes teori dan praktik mengemudi. Kalau nilainya memenuhi standar yang sudah dibuat, SIM akan diberikan kepada Anda dengan segera.

Surat Izin Mengemudi atau SIM adalah bukti registrasi dan identifikasi yang diberikan Polri kepada seseorang yang telah memenuhi persyaratan administrasi, sehat jasmani dan rohani, memahami peraturan lalu lintas, serta terampil mengemudikan kendaraan bermotor.

SIM memiliki fungsi sebagai registrasi pengemudi kendaraan bermotor yang memuat informasi berupa identitas lengkap pengemudi. 

SIM memiliki beberapa jenis sesuai dengan jenis kendaraan yang ditunggangi. Untuk pengendara mobil diwajibkan memiliki SIM A. Sementara penungang motor diwajibkan memiliki SIM C.

Mengurus permohonan pembuatan SIM secara singkat memang sangat mudah sekali dilakukan, karena memang semuanya terkait dengan uang dan biaya untuk mempercepat hal itu.

Tunggu sampai nama kamu dipanggil, jangan pergi terlalu jauh untuk menghindari tidak dengar Jika dinyatakan lulus dalam semua tes, pemohon SIM akan diminta untuk menunggu panggilan di loket. Proses menunggu memang cukup membosankan. Kamu boleh melakukannya sambil makan atau minum.

Setiap pengendara bisa mendapat Surat Izin Mengemudi asalkan telah memiliki kompetensi mengemudi yang diperoleh lewat pendidikan dan pelatihan atau belajar sendiri.

SIM adalah bukti registrasi seseorang bahwa ia sudah memenuhi syarat untuk berkendara di jalan raya, yakni mampu secara kompetensi dan administrasi serta sehat jiwa dan raganya.

Dengan soal yang sama, dan jawaban ujian teori SIM C yang saya sengaja buat sama dengan yang saya tulis 2 minggu lalu. Lulus! Ada kemenangan kecil yang perlu dirayakan nih, ujar saya dalam hati. Setelah selesai ujian teori SIM C, saya langsung ke tempat ujian praktek SIM A dulu.

Yang membedakan adalah dari segi harga. Untuk membuat sim mobil sendiri, Anda hanya perlu mengeluarkan dana kurang dari 200 ribu rupiah.

Tidak sepeserpun saya mau keluarkan uang baca lagi saya untuk mereka. Saya tidak peduli kalau nanti saya bakal dipersulit. Saya bakalan gagal dan mengulang di ujian praktek, dan pastinya juga ujian teori. I’m so ready!

Report this wiki page